Rabu, 01 Februari 2017

thumbnail

Sepakbola Indonesia Mau Maju ? Segera Perbaiki Ini

sepakbolal indonesia maju ? segera perbaiki ini
Pelatih sepak bola profesional Rahmad Darmawan (RD) mengatakan untuk meraih prestasi semuanya tidak hanya soal hasil, tapi juga mengenai proses yang harus dilewati para pemain. Sepanjang kariernya menjadi sepak bola, ada empat hal yang menurutnya perlu menjadi perhatian bagi pemerintah untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia.


Pertama adalah infrastruktur, RD mengatakan kenyataan dilapangan bahwa  kurangnya infrastruktur atau fasilitas olahraga yang layak saat ini sangat mempengaruhi kualitas dan mental pemain. Seperti di sepak bola sendiri, menurut RD fasilitas olahraga yang baik tersebut akan mempengaruhi pemain untuk mengambil keputusan yang terpat saat bermain.


Kedua, menurut RD adalah coaching education. Kemampuan pelatih memang memiliki pengaruh yang besar sedangkan jumlah pelatih dengan kemampuan mumpuni masih sangat sedikit. Menurutnya diperlukan peran dan perhatian pemerintah dalam proses transfer ilmu bagi para pelatih.

Ketiga, adalah youth development, dimana diperlukan fokus mendalam untuk mempersiapkan aset-aset berkualitas. RD mengatakan bahwa selama ini proses seleksi pemain sangat rumit, birokrasi tumpang tindih juga menjadi penghalang dalam membangun pemain sepak bola muda.

Selanjutnya kompetisi, bagi RD kompetisi adalah hal yang penting dan wajib dijalani oleh pemain. “Sehebat apapun latihan sebuah tim, pelatih memberikan teknik bermain tanpa kompetisi buat saya omong kosong. Pemain bisa matang karena pengujiannya lewat kompetisi,” jelas RD.

Ia juga menyayangkan dimana kompetisi hanya dipersiapkan untuk pemain senior, dilihat dari sistem pelaksanaannya RD mengatakan kompetisi yang berjalan juga bukan kompetisi yang sebenarnya. “Namanya saja kompetisi tapi itu turnamen, karena kompetisi regular itu harusnya berjalan satu tahun penuh (7-10 bulan),” tambahnya.

Kebanggaan dan keseriusannya menjadi bagian dari sepak bola Indonesia ia buktikan dengan menorehkan banyak prestasi. Selain itu kedekatan dan kepeduliannya terhadap pemain membawa dirinya maju membela hak-hak semua pihak yang menggantungkan nasib hidupnya pada sepak bola. “Saya dengan para pemain tidak hanya sekedar dekat, tetapi saya juga tahu kesulitan yang mereka alami,” katanya.

Upayanya memperjuangkan hak-hak mereka yang menggantungkan nasibnya pada sepak bola masih dalam tahap negosiasi. Ia berharap ada penyelesaian dan pencabutan Surat Keputusan Kementerian Pemuda dan Olahraga yang membekukan PSSI. Hal ini ia lakukan atas kepedulian dan rasa tanggungjawabnya sebagai pelatih untuk sebisa mungkin memberikan yang terbaik. Melihat hal tersebut jelas bahwa ketulusan dan dedikasi tinggi menjadi hal yang harus dimiliki oleh pelatih.

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments

About

Diberdayakan oleh Blogger.